PRESS RELEASE : OLIMPIADE INTELEKTUAL MAHASISWA

Pamflet

Perguruan tinggi merupakan tempat dimana mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam berbagai bidang baik intelektual, jiwa sosial dan menggali pengalaman dalam berbagai bidang. Hal tersebut sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Pertama, pendidikan berfungsi untuk membentuk manusia yang berintelektual yang berguna bagi nusa dan bangsa. Kedua, penelitian berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang observasi yang menunjang keahlian mahasiswa dalam bidang tertentu. Ketiga, pengabdian masyarakat yang berfungsi untuk membentuk serta mengembangkan jiwa sosial para mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, diperlukan dukungan dari berbagai elemen. Salah satunya adalah mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi muda merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki kesadaran intelektual penuh, umumnya aktif dalam berbagai kegiatan yang positif. Generasi-generasi muda inilah yang akan menggerakan haluan bangsa. Semuanya tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari setiap masyarakat beserta seluruh elemen yang ada di dalamnya dengan tujuan untuk kemajuan bangsa. Dalam rangka mendukung peran mahasiswa dan mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Universitas Kuningan, kami selaku pengurus BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS KUNINGAN berencana untuk mengadakan kegiatan OLIMPIADE INTELEKTUAL MAHASISWA UNIVERSITAS KUNINGAN TAHUN 2023” untuk mendukung kemajuan Universitas Kuningan.

Olimpiade Intelektual Mahasiswa (OIM) Tahun 2023 yang diselenggarakan pada hari Selasa Kamis tepatnya pada tanggal 13 – 15 Juni 2023, kegiatan ini berlangsung di Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Ruangan Kelas Pasca Sarjana Universitas Kuningan.

Kegiatan Olimpiade Intelektual Mahasiswa Universitas Kuningan Tahun 2023 merupakan salah satu program kerja dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kuningan Tahun 2023 yang merupakaajang perlombaan mahasiswa antar fakultas di Universitas Kuningan. Dalam kegiatan ini akan dibagi manjadi 3 bidang perlombaan yaitu mengenai Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi Kreatif, dan Bidang Keagamaan. Berikut uraian dari ke-3 bidang perlombaan diantaranya :

1.   Pendidikan                 : Debat

2.  PKM – PemberdayaaMasyarakaPKM 

3. VideGagasaKonstruktiPoster

4.   Lain - Lain                 : Best Supporter

 

Kegiatan Olimpiade Intelektual Mahasiswa (OIM) Tahun 2023 Universitas Kuningan berlangsung selama 3 hari, dimana susunan acaranya adalah sebagai berikut :

 

1.    Hari Pertama, Selasa 13 Juni 2023 diawali dengan Pembukaan acara OIM 2023” yang dibuka oleh Bapak Dr. Novi Satria Pradja, S.E,. M.Pd. selaku Wakil Rektor III Universitas Kuningan, dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Universitas Kuningan & Ketua BEM Fakultas Universitas Kuningan beserta Kontingen Fakultas masing-masing, serta adanya Parade Kontingen Fakultas. Setelah pembukaan, dilanjut dengan pertandingan Debat Babak Penyisihan dan Babak Semi Final yang diselenggarakan di Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, untuk perlombaan Proposal Bisnis diselenggarakan di Ruangan Kelas 02 Gedung Pasca Sarjana Universitas Kuningan, dan untuk perlombaan  PKM-PM diselenggarakan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

2.    Hari Kedua, Rabu 14 Juni 2023 dilanjutkan dengan pertandingan Debat Babak Final & Perlombaan MTQ yang diselenggarakan di Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, untuk perlombaan Poster diselenggarakan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

3.    Hari Ketiga, Kamis 15 Juni 2023 diumumkan para juara dari tiap perlombaan dan juga Juara Umum OIM Tahun 2023, dan juga ada penampilan pentas seni dari tiap kontingen fakultas.

 

Tujuan diadakannya Olimpiade Intelektual Mahasiswa (OIM) Tahun 2023 ini yaitu :

1. Mewadahi kreativitas dan intelektualitas mahasiswa Universitas untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah didapat atau telah dipelajari mahasiswa di dalam perkuliahan kepada masyarakat umum.

2.   Menumbuhkan sikap sportivitas dalam berkompetisi bagi peserta kegiatan ini sehingga mampu membentuk generasi muda yang unggul dan berprestasi yang kemudian akan meningkatkan mutu pendidikan.

3.   Sebagai sarana membangun profesionalitas kerja mahasiswa melalui peran sebagai panitia pelaksana kegiatan.


Berita Terbaru
...
PRESS RELEASE : Sahwahita Session
Baca Selengkapnya
...
PRESS RELEASE : Sahwahita Festival
Baca Selengkapnya
...
Tips Untuk MABA di semester 1
Baca Selengkapnya