PRESS RELEASE : HUT RI ke-78

Pamflet

Kemerdekan menurut KBBI merupakan keadaan ketika berdiri sendiri secara bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya. Jadi kemerdekaan sebagai bentuk kebebasan dan tidak terikat dengan apapun atau berdiri sendiri. Merdeka berarti tidak di bawah pemerintahan negara mana pun. Hal ini menjadi tanda bahwa Indonesia telah berdaulat yang memiliki kekuasaan tertinggi untuk mengatur kehidupan masyarakat maupun negaranya. Tentunya juga memastikan keadilan dan kemakmurannya.

Setiap tanggal 17 Agustus kita selalu memaknai kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, ini menjadi momen mengenang para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah agar masyarakat bisa menghirup udara bebas. Mengutip laman BEM FT Universitas Indonesia (UI), berikut beberapa maknanya.

1. Kebebasan karena terlepas dari belenggu penjajah.

2. Bedaulat karena Indonesia memiliki kekuasaan tertinggi mengatur negaranya.

3. Kemandirian, karena Indonesia tidak menggantungkan nasibnya ke negara lain.

4. Kekuatan, karena masyarakat tidak boleh bersikap pesimis dengan kekuatan bangsanya.

5. Menaikkan martabat bangsa di mata dunia karena telah merdeka.

6. Sebagai pemersatu seluruh lapisan masyarakat yang beragam.

7. Menumbuhkan sikap dan semangat nasionalisme di tengah masyarakat.

Adapun Tujuan proklamasi kemerdekaan, untuk mewujudkan kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia. Supaya kebahagiaan ini terwujud, harus ada kesamaan visi dan misi bangsa meliputi beberapa bidang seperti ideologi, politik, ekonomi, hukum, sastra kebudayaan, dan pendidikan. Selain itu dikutip dari idntimes.com tujuan dilaksanakan proklamasi kemerdekaan indonesia yaitu : 

1. Melepaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa lain.

2. Bangsa yang bersangkutan dapat hidup sederajat dengan bangsa-bangsa lain.

3. Bangsa yang bersangkutan dapat meningkatkan taraf kehidupan bangsanya.

4. Bangsa yang bersangkutan dapat meningkatkan taraf kecerdasan bangsanya.

5. Dapat mengejar segala ketertinggalan yang dialami oleh bangsanya dengan mengembangkan segala potensi yang dimilikinya.

6. Mencapai tujuan nasional bangsa.

Peristiwa proklamasi kemerdekaan mengandung arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena peristiwa besar tersebut membawa dampak serta perubahan besar dalam kehidupan bangsa Indonesia. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya. Dengan proklamasi, berarti bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Berita Terbaru
...
PRESS RELEASE : Sahwahita Session
Baca Selengkapnya
...
PRESS RELEASE : Sahwahita Festival
Baca Selengkapnya
...
Tips Untuk MABA di semester 1
Baca Selengkapnya